Persiapan (5 menit)
- Buka scratch.mit.edu → New Project.
- Simpan project: klik nama project (kiri atas) → ganti menjadi
Animasi_Salam_NamaKamu. - Siapkan 2 sprite: Kucing (Cat) & Teman (pilih dari library) dan 1 backdrop: classroom atau park.
Langkah 1 — Inisialisasi posisi
(Untuk setiap sprite tambahkan skrip inisialisasi)
// Kucing (sprite 1)
when green flag clicked
go to x: -140 y: -50
set size to 110%
// Teman (sprite 2)
when green flag clicked
go to x: 140 y: -50
set size to 100%
Langkah 2 — Animasi berjalan & kostum
Jika sprite memiliki 2+ kostum, gunakan next costume untuk animasi langkah.
// Kucing
when green flag clicked
repeat 16
move 10 steps
next costume
wait 0.06 seconds
end
stop other scripts in sprite
Langkah 3 — Dialog & suara
// Saat kucing sampai
when green flag clicked
wait 1.2 seconds
say "Halo teman-teman!" for 2 seconds
play sound [meow v] until done
Langkah 4 — Sinkronisasi antar sprite
Gunakan broadcast untuk pesan singkat.
// Kucing (setelah say)
broadcast [kucing_selesai v]
// Teman
when I receive [kucing_selesai]
say "Wah, selamat datang!" for 2 seconds
play sound [pop v]
Tugas Praktik
- Buat animasi perkenalan diri: sertakan nama + 1 hobi.
- Tambahkan suara (rekam sendiri atau gunakan library Scratch).
- Tambahkan tombol Restart (sprite tombol): ketika diklik → broadcast
try_again→ semua sprite kembali ke posisi awal dan animasi ulang.
Contoh skrip tombol Restart
when this sprite clicked
broadcast [try_again]
-- Semua sprite tambahkan --
when I receive [try_again]
go to [initial position script here]
Tips Guru
- Beri jangka waktu tiap siswa menyimpan dan share link (jika online).
- Periksa kostum & pastikan area transparan rapi untuk collision nanti.
- Worksheet & RPP ada di tautan bawah.